Anggaran Pelurusan Jalan Bengkulu-Linggau Masuk APBNP

Oleh Tgl: February 24, 2014
gubernur

Kementerian pekerjaan umum telah menyetujuinya dan dipastikan alokasinya akan dimasukan dalam APBNP 2014

H.Junaidi hamsyah, S.Ag, M.Pd

BENGKULU – Gubernur Bengkulu H.Junaidi hamsyah, S.Ag, M.Pd mengatakan salah satu item pengajuan yang diakomodir pemerintah pusat pada proposal HPN adalah pelurusan jalan Bengkulu – Lubuklinggau, dan untuk pembangunan ini dipastikan  alokasi anggaran akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun ini.

“Kementerian pekerjaan umum telah menyetujuinya dan dipastikan alokasinya akan dimasukan dalam APBNP 2014,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan disetujuinya pembangunan dan pelurusan jalan Bengkulu-Lubuk linggau tersebut, merupakan bentuk suksesnya penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 di Bengkulu.

“Salah satu sukses dengan Bengkulu menjadi tuan rumah HPN 2014 adalah bisa mendatangkan alokasi anggaran untuk pembangunan daerah,” katanya, kemarin.

Dikatakan dia meski pemprov mengusulkan anggaran Rp1,3 triliun ke pemerintah pusat untuk proyek pelurusan jalan dari Kota Bengkulu menuju Lubuklinggau Sumatra Selatan ini. Namun demikian, katanya, ia belum bisa memastikan jumlah alokasi yang akan disiakan dalam APBNP.

“Meski nominalnya belum diketahui, pernyataan Menteri PU akan mengalokasikan dana jalan dalam APBN-P ini merupakan hal yang sangat diharaapkan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, proyek yang anggarannya memang diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan ditembuskan ke Kemenko Ekuin dan Bappenas ini, akan dikunjungi langsung oleh menteri PU Djoko Kirmanto dalam waktu dekat.

“Intinya Menteri PU akan memperhatikan program program Pembangunan di Provinsi Bengkulu termasuk penahan gelombang abrasi dan kecipta karyaan,” lanjutnya.

Dengan demikian, jelasnya, pembangunan dan pelurusan jalan Bengkulu-Lubuk linggau bisa dimulai tahun ini. “Pelurusan jalan sepanjang 125 kilometer tersebut diharapkan dapat mempercepat akses ekonomi Bengkulu ke Sumatra bagian Timur,” pungkasnya.

Untuk diketahui proyek pelurusan jalan sudah mulai berjalan dengan anggaran awal Rp40 miliar dari APBN, dan saat ini tahap awal sudah berjalan pada wilayah gunung yang rawan longsor.(Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *