2015, Benteng Marlbrough Jadi Museum

Oleh Tgl: February 12, 2014
Benteng Marlborough

BENGKULU – Kasi Pemasaran dan UPT Pemanfaatan Objek Wisata dan Aset Daerah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Almidianto mengatakan sudah direncanakan pada tahun 2015 Benteng Marlborough akan naik statusnya menjadi museum.

“Rencananya 2 tahun lagi naik statusnya menjadi museum,” kata Almidianto di Benteng Marlborough. Rencana ini kata dia, sesuai dengan keinginan BPCB Jambi selaku tempat lembaga terkait yang melindungi objek bersejarah di Kota Bengkulu ini.

“Kalau rencana memang sudah ada niat dari BPJB dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan untuk meningkatkan status itu. Kalau provinsi hanya ngikut saja,” jelas dia.

Dikatakan dia untuk menjadi museum nantinya fungsi Benteng akan banyak bertambah antara lain dapat melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat banyak. Tim BPCB jambi dalam waktu dekat kata dia akan melakukan riset dan studi teknis untuk mempersiapkan kebutuhan pendirian museum.

“Tergantung dari tim audit fisik, Karena akan dilakukan perencanaan studi teknis terlebih dahulu. Tim teknis BPCB akan melakukan audit teknis terlebih dahulu,” terangnya.

Menurutnya jika kemudian jadi museum, Benteng akan menyediakan koleksinya disetiap ruangan berbentuk visual dan mudah dipelajari.

“Koleksi kita tata dengan baik dan standar museum pada ruangan-ruangan. Dan ruangan interograsi Soekarno akan dibuat replikanya sedemikian mungkin Ilustrasi interogasinya,” terangnya.

Menurutnya jika sudah menjadi museum, Benteng Marlbrough bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Dan impasnya Bengkulu selain akan mampu menarik wisatawan dan para peneliti atau lembaga pendidikan, akan memberikan dampak perekonomian yang positif untuk Bengkulu.(Sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *