WaGub Resmikan Pabrik Kelapa Sawit di Bengkulu Selatan

Oleh Tgl: January 20, 2014
wagub

Pino, Bengkulu Selatan – Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamuddin meresmikan pabrik kelapa sawit PT. Sinar Bengkulu Selatan di Pino, Bengkulu Selatan pada Senin (20/1/2014).

Menurut Wagub, Bengkulu  termasuk Bengkulu Selatan sangat potensial menjadi raksasa di bidang ekonomi karena memiliki sumber daya alam yang sangat kaya dan melimpah yang menjadikan banyak investor tertarik menggelontorkan dananya di provinsi ini.

Terkait dengan peresmian pabrik kelapa sawit di Pino, Wagub mangaku senang karena pabrik tersebut mampu mengolah sawit dari bahan mentah menjadi produk akhir. “Kegiatan ini sangat penting untuk pengembangan CPO ke depan, karena kita harapkan, Indonesia  tidak hanya menjual produk dalam bentuk mentah tapi sampai pada produk akhir,” jelasnya.

Dikatakan Wagub, hingga saat ini kebutuhan CPO (Crude Palm Oil) di Indonesia hanya sebanyak 8 juta ton, padahal produksi di atas 23 juta ton, karena itu CPO banyak yang dieskpor. “Kalau kita tidak bisa mengolah bahan mentah menjadi produk akhir, produk kita gampang digantung oleh negara lain. Ke depan komoditas CPO bisa juga dimanfaatkan untuk biofuel yang digunakan oleh masyarakat. Agar harganya bisa murah, tentu saja perlu dukungan subsidi dari pemerintah,”ujarnya.

Bupati Bengkulu Selatan, Reskan Effendi berharap dengan  beroperasinya pabrik CPO tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah, khususnya penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten ini. “Kami berharap keberadaan pabrik ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar dan daerah,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT. Sinar Bengkulu Selatan meminta pemerintah memberikan kemudahan bagi perkembangan industri perkebunan sawit ini. “Harus ada regulasi untuk mempermudah dan menjamin kelancaran investasi dalam sektor perkebunan,” paparnya.

Peresmian pabrik CPO kali ini di hadiri oleh mantan Dubes Mexico Komjen. Pol (Purn). Ahwil, Bupati Bengkulu Selatan Reskan E, Unsur Muspida, beserta tokoh masyarakat se Kabupaten Bengkulu Selatan. (Rizal Media Center Wagub )





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *