Untuk Kawasan Industri, Pemprov Siapkan BUMD

Oleh Tgl: January 28, 2014
Kawasan Industri

Karena memang pemerintah itu tidak bisa mendapatkan PAD secara langsung dan memang harus melalui badan khusus semisalnya BUMD

Ir. Edi waluyo, SH, MM

BENGKULU – Keseriusan Pemprov Bengkulu umtuk memiliki kawasan industri dapat tergambar dengan langkah yang akan diambil.

Pasalnya untuk menunjang terbentuknya kawasan industri di provinsi Bengkulu, Pemprov Bengkulu berencana akan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) khusus yang akan menangani pengelolaan dan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kawasan industri tersebut.

Saat ini, telah menyiapkan lahan seluas 1100 ha bekerjasama dengan pelindo selaku pengelola kawasan pelabuhan yang akan menjadi kawasan industri nantinya, sementara kita akan memafasilitasi izinnya,” katanya Asisten Bidang Pembangunan Dan Perkenomian Pemprov Bengkulu Ir. Edi waluyo, SH, MM Selasa (28/1) petang.

Kawasan industri pemprov yang akan bekerja sama dengan pengembang kawasan industri Jababeka, diungkapkan Edi jika benar terwujud, rencana pembangunan kawasan industri tersebut akan direalisasikan pada tahun ini juga.

“Insyallah bisa digarap tahun ini, sebab pengembang sangat serius untuk kawasan industri ini,” kata dia di sekretariat DPRD Provinsi.

Sementara, katanya kawasan industri yang akan dibangun wilayah dekat pelabuhan Pulau baai, untuk mendapatkan PAD atas dibangunnya kawasan tersebut, maka pemprov Bengkulu akan menyiapkan BUMD yang akan mengelola kawasan tersebut.

“Karena memang pemerintah itu tidak bisa mendapatkan PAD secara langsung dan memang harus melalui badan khusus semisalnya BUMD,” ujarnya.

Menurutnya, memang lokasi kawasan industri yang akan berada dekat pelabuhan memang dinilai strategis.

“Sehingga bisa mengurangi biaya operasional industri yang ada disana, kemudian merupakan wilayah terdekat dengan Jakarta yang hanya 1 jam dari Bengkulu, sementara Sumatera selatan sudah penuh traficnya,” jelasnya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *