Tren Jejaring Sosial, Twitter Jadi Alat Belajar

Oleh Tgl: January 26, 2014

WISCONSIN — Alat belajar ternyata di zaman modern ini sudah merambah ke media sosial. Terbukti dibagian negara luar menganggap media sosial seperti Twitter sebagai alat belajar berupa komunikasi yang efektif untuk peserta didik.

Dikutip dari VoA, Chris Lazarski  salah satu staf yang mengajar kebijakan publik di Sekolah Menengah Wauwatosa di pinggiran kota Milwaukee negara bagian Wisconsin mengungkapkan keberadaan Twitter sebagai media sosial sebagai alat belajar, dengan mengatakan bahwa situs-situs seperti Twitter dapat mengembangkan diskusi-diskusi di luar dinding kelas.

Pernyataan ini kontras dikeluarkan pasalnya banyak pendidik dan pejabat di sekolah mencoba mencegah siswa-siswi dari menulis di Twitter dalam kelas dengan alasan akan menganggu konsentrasi belajar peserta didik.

Beberapa orangtua mengatakan mereka khawatir anak mereka terpapar di media sosial di sekolah.

Kendati begitu, Guru berusia 41 tahun itu bergabung dengan program nasional berbasis di San Francisco yang mendorong para pelajar untuk menulis reaksi mereka mengenai peristiwa-peristiwa terkini di Twitter.

Namun Lazarski mengatakan dengan pengawasan yang benar, murid-murid dapat belajar hal-hal yang penting mengenai bagaimana menggunakan Twitter untuk riset dan komunikasi. Apalagi tren media sosial saat ini yang terus meningkat mengaharuskan pendidik mengajar efektif sehingga dapat memperluas wawasan peserta didik.

Sumber : VoA Indonsia





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *