Tahun Ini, Raskin Disalurkan Pakai KPS

Oleh Tgl: January 25, 2014
Riskan Nasution

Pertengahan 2014, rencana penyalurannya dari pemegang KPS saja

Riskan Nasution

BENGKULU – Kepala Divre Badan Urusan Logistik (Bulog) Provinsi Bengkulu Riskan Nasution mengatakan pertengahan tahun ini Penyaluran jatah beras bulog kepada masyarakat akan menggunakan sistem KPS atau hanya diperuntukkan bagi Rumah Tangga Penerima Kartu Perlindungan Sosial saja.

“Pertengahan 2014,  rencana penyalurannya dari pemegang KPS saja,” kata dia.

Menurut dia, diambilnya kebijakan penggunaan KPS pada pertengahan tahun karena untuk awal tahun tidak dapat direalisasikan dikendalakan TNP2K belum siap. “Prosesnya itu tinggal menunggu hasil kerjasan TNP2K dan Kesra sebagai yang membidangi,” tuturnya.

Namun lebih lanjut Riskan menuturkan KPS penyaluran raskin tidak sama dengan KPS BLSM yang dimiliki masyarakat saat. Sebab KPSnya akan diberikan sesuai dengan data penerima BLSM sebelumnya atau masyarakat miskin yang baru.

“Pendataannya baru dan diambil dari masyarakat miskin yang memperoleh raskin sebelumnya. Jadi KPS BLSM tidak menjamin, kan siapa tahu dia (masyarakat miskin-red) terima BLSM tetapi tidak terima raskin,” katanya.

Sementara, Riskan mencatat realisasi penyaluran beras miskin untuk wilayah seprovinsi Bengkulu terkecuali Kabupaten Muko-Muko di tahun 2013 lalu sudah mencapai 95,4 persen.

“Realisasi penyaluran beras bagi masyarakat miskin (raskin) di Bengkulu belum mencapai 100 persen tapi baru 95,4 persen. Tapi kita yakin akan tercapai dalam akhir tahun sebab ini kan belum habis bulan Desember,” katanya.

Menurut dia dari 8 kabupaten dan kota yang memperoleh jatah raskin. Data yang ada menunjukkan Jumlah RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat) 2013 adalah 121.471 KK (Kepala Keluarga).(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *