Tahun Ini, 10 Kab/Kota Pakai Sistem CAT

Oleh Tgl: January 26, 2014
tes cpns2

Sistem CAT yang memang penggunaannya lebih efesien, akuntabel, serta obyektif diminta seluruh kab/kota juga bisa mengikuti di tahun 2014 karena manfaatnya yang fleksibel sehingga kapan saja bisa dilaksanakan tes pada saat membutuhkan tenaga

Tarmizi, BSc Ssos

BENGKULU –  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi, Tarmizi, BSc Ssos mengatakan pemerintah akan mendorong agar semua peserta bisa mengikuti ujian CPNS dengan menggunakan sistem CAT khususnya untuk kabupaten kota yang masih menggunakan sistem manual atau LJK karena dinilai lebih fleksibel sehingga pelaksanaan tes CPNS bisa kapan saja sesuai dengan kebutuhannya.

“Sistem CAT yang memang penggunaannya lebih efesien, akuntabel, serta obyektif diminta seluruh kab/kota juga bisa mengikuti di tahun 2014 karena manfaatnya yang fleksibel sehingga kapan saja bisa dilaksanakan tes pada saat membutuhkan tenaga,” katanya kemarin.

Dikatakan dia manfaat sistem CAT lembaga atau instansi yang membutuhkan pegawai tidak perlu repot-repot merkrut dalam jumlah besar sebab nanti pemberlakuannya seperti sertifikat dimana peserta yang pernah melakukan tes sistem CAT ini akan diakui berupa sertifikat yang bisa dipakai kapanpun membutuhkan.

Tidak tanggung-tanggung kata, Tarmizi Pemprov Bengkulu juga siap memfasilitasi pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sistem computer assisted test (CAT) Kabupaten dan Kota.

“Pemerintah mendorong agar semua bisa menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang lebih efisien, akuntabel, dan obyektif. Jika kabupaten dan kota kurang siap, pemprov siap memfasilitasi,” ujarnya.

Sebab menurut dia selama ini tes CPNS dengan sistem LJK , dianggap lebih berpeluang akan kecuranga dan juga membuat ribet sebab harus menyiapkan,  mengolah, mengawasi, pengamanan distribusi dan sebagainya.

“Sistem CAT, peserta datang, duduk, soal sudah ada, tinggal kerjakan. Yang penting bank soalnya sudah siap, variannya semakin banyak. Mudah-mudahan tahun depan sudah semakin banyak  yang menggunakan CAT,” ujarnya.

Tarmizi mengatakan,  tes CPNS juga mengubah mindset masyarakat dari paradigma berpikir yang negatif menuju paradigma berpikir yang positif. (sey)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *