Soal Bencana, Bengkulu Harus Waspadai 2 Hal

Oleh Tgl: January 27, 2014
Kol

Di Bengkulu bencana juga sempat menghampiri meski belum mengkhawatirkan

Kolonel Inf Achmad Sudarsono, S.Ip

BENGKULU – Terkait kondisi Indonesia yang sudah membawa predikat status waspada  bencana. Danrem 041/Gamas, Kolonel Inf Achmad Sudarsono, S.Ip, mengingatkan warga Provinsi Bengkulu untuk mewaspadai 2 hal terkait bencana yakni Gempa  dan Tsunami.

“Mengapa saya sampaikan seperti itu karena hampir di seluruh wilayah Indonesia  mengalami bencana alam banjir dan tanah longsor. Seperti di Provinsi Sulawesi Utara banjir bandang dan longsor, Provinsi Sumatera Utara letusan Gunung Sinabung, Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lain terjadi banjir,” katanya, Senin (27/1).

Achmad yang diwawancari usai Apel Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Sriwijaya Makorem 041/Gamas menyampaikan di Provinsi Bengkulu saja bencana juga sudah dirasakan seperti banjir dan tanah longsor di beberapa Kabupaten dan Kota.

“Di Bengkulu bencana juga sempat menghampiri meski belum mengkhawatirkan,” jelas dia.

Dikatakan dia banjir dan tanah longsor yang terjadi di Indonesia akibat dari cuaca ekstrim dan curah hujan yang sangat tinggi.  Kondisi cuaca ekstrim yang sedang berlaku saat ini, khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu perlu mendapat perhatian yang serius.

Ditambah dengan latarbelakang Provinsi Bengkulu yang merupakan  daerah rawan bencana alam gempa tektonik yang dapat diikuti tsunami karena berada di jalur gempa eurosia sehingga  dituntut kesiapan kita semua aparat dalam  menghadapi kemungkinan timbulnya bencana alam.

“Apalagi BMKG sudah memprediksi bahwa, potensi hujan lebat yang terjadi dibeberapa daerah termasuk wilayah Sumatera Bagian Selatan  dan Barat (Provinsi Bengkulu –red) harus waspada bencana banjir dan tanah longsor,” terangnya.

Sementara itu, BMKG juga mengingatkan bahwa mulai  tanggal 27 januari 2014 diperkirakan terjadi laut pasang maksimum bertepatan dengan bulan purnama, pasang laut maksimum bisa mencapai hampir sepekan sehingga perlu diwaspadai jika bersamaan dengan hujan lebat dan rob.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *