Soal Bandara, Dewan Sarankan Libatkan Semua Unsur

Oleh Tgl: January 28, 2014
bandara fatmawati

Seharusnya kalau memang ada rencana dan keinginan tersebut selayaknya semua pihak harus dilibatkan seperti unsur pendidikan, perekonomian, kemasyarakatan dan sebagainya

Siswadi, SP

BENGKULU – Anggota DPRD Provinsi Siswadi, SP sedikit kecewa akan rencana Pemprov Bengkulu yang akan membangun bandara internasional, namun tidak melibatkan berbagai unsur yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Seharusnya kalau memang ada rencana dan keinginan tersebut selayaknya semua pihak harus dilibatkan seperti unsur pendidikan, perekonomian, kemasyarakatan dan sebagainya,” kata dia, Selasa (28/1) petang.

Karena menurut Siswadi rencana pembangunan bandara internasional di Bengkulu merupakan proyek besar dan nantinya akan berdampak bagi kehidupan masyarakat luas.

“Sehingga meski ini baru wacana, ada baiknya konsep itu harus benar-benar dimatangkan, supaya pembangunan itu akan bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu,” tuturnya.

Kemudian, Siswadi mengungkapkan pemilihan lahan oleh pemprov Bengkulu pada lahan milik PTPN sebagai lokasi pembangunan tepatnya di Padang pelawi, Seluma dinilai kurang tepat.

Menurutnya sebagai efesiensi pembangunan dengan manfaat efektif ada baiknya pemprov juga mempertimbangkan lahan PT Agriandalas yang sebentar lagi HGU nya akan habis.

“Alasannya pertama dekat dengan pelabuhan dan laut. jadi, dari segi keamanan dan efesiensi lebih efektif. Lalu dari segi pembangunan bisa menghemat biaya sebab lahan di Agriandalas datar,” katanya.

Menurut dia meski pemprov memiliki keuntungan karena menggunakan lahan PTPN namun bukan berarti biaya pengelolahannya sedikit.

“Apalagi lahan disana kan kurang datar. Dan lagi pemprov juga pasti harus membayar ganti rugi tanaman-tanaman disana,” tambahnya.

Alasan yang paling kuat, tambah politikus ini adalah akan terbentuk segi tiga pembangunan jika pembangunan bandara internasional di agriandalas.

“Ya .. Nanti bentuknya seperti segitiga pembangunan yang saling berhubungan yakni Pelabuhan, bandara internasional satu lagi rel kereta api,” tuturnya.(Sey)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *