Pemasangan Atribut, Penyelenggara Pemilu Membingungkan

Oleh Tgl: January 30, 2014
deklarasi-pemilu-damai

Kita minta ketegasan dari pihak Panwas Kota Bengkulu terhadap aturan pemasangan baliho yang diperbolehkan, karena dari pengalamannya kendati pemasangan alat peraga itu di zona yang diperbolehkan, namun tetap saja Petugas Pengawas Lapangan - PPL melarang

Hadi Saputra

BENGKULU – Peserta pemilu dari partai politik di Kota Bengkulu mengaku dibingungkan dengan aturan pemasangan dan penertiban alat kampanye dan peraga, berupa spanduk maupun baliho yang dianggap menyalahi.Para calon politisi yang akan bertarung pada Pemilu 9 April 2014 itu mengaku selama ini, Panwas dan Satpol PP Kota Bengkulu terus melakukan penertiban alat peraga kendati berada di areal pribadi bukan tempat umum. Selain itu, penyelenggara Pemilu baik KPU Kota Bengkulu dan Panwas Kota Bengkulu dianggap tidak satu persepsi tentang pengaturan pemasangan baliho dan spanduk tersebut.

“Kita minta ketegasan dari pihak Panwas Kota Bengkulu terhadap aturan pemasangan baliho yang diperbolehkan, karena dari pengalamannya kendati pemasangan alat peraga itu di zona yang diperbolehkan, namun tetap saja Petugas Pengawas Lapangan – PPL melarang,” ungkap Perwakilan Partai Hanura, Hadi Saputra, Rabu (29/01/2014).

Hadi menilai, petugas di lapangan tidak memahami wewenang dan tugas mereka sesuai aturan yang ada. Tidak hanya di tingkat Panwas, terkait zona pemasangan baliho, banner dan spanduk juga dikatakan salah seorang Caleg DPRD Kota Bengkulu ini, tidak ada kesepahaman antara KPU Provinsi, KPU Kota Bengkulu dan pihak Panwas, sehingga hal ini membingungkan peserta Pemilu.

Hal senada juga diungkapkan Elfian Kurniawan, Ketua PKPI Kota Bengkulu ketidak jelasan tentang aturan zona dan pemasangan atribut yang diperbolehkan dianggap tidak tersosialisasi dengan baik.  Kondisi itu dianggap sebagai kendala dalam memperkenalkan caleg kepada masyarakat sebagai pemilih, apalagi di PKPI tidak ada calon incumbent.

“Bagaimana kita mau memperkenalkan diri dan mensosialisasikan pencalonan kalau begini,” tandasnya.(Fr1)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *