Muko-Muko Tidak Ambil Raskin, Bengkulu Peringkat Nasional

Oleh Tgl: January 25, 2014
Bulog

Jadi kalau di nasionalkan Bengkulu masuk satu dari tiga daerah yang tidak mengambil raskin, yakni Muko-Muko, Mentawai, dan satu daerah kalimantan

Riskan Nasution

BENGKULU – Kabupaten Muko – Muko satu-satunya daerah di Bengkulu yang terang-terangan menolak mengambil jatah Raskin (beras untuk keluarga miskin) yang sejatinya menjadi hak warga miskin di wilayahnya.

“Hanya Muko-Muko di daerah Bengkulu yang menolak jatah raskin tersebut,” kata Kepala Divre Badan Urusan Logistik (Bulog) Provinsi Bengkulu Riskan Nasution.

Riskan mengatakan penolakan tersebut membuat Provinsi Bengkulu menjadi sorotan nasional pasalnya Bengkulu salah satu dari 3 wilayah provinsi di Indonesia yang daerahnya tidak mengambil jatah beras miskin.

“Jadi kalau di nasionalkan Bengkulu masuk satu dari tiga daerah yang tidak mengambil raskin, yakni Muko-Muko, Mentawai, dan satu daerah kalimantan,” paparnya.

Kendati begitu dirinya tidak mempersoalkan penolakan jatah raskin untuk Muko-Muko pasalnya kata Riskan, Kepala Daerah Kab. Muko-Muko menolak mengambil jatah Raskin bukan karena lantaran jumlah Raskin yang menjadi jatah didaerahnya tak sesuai dengan jumlah masyarakat yang membutuhkan. Melainkan memupuk kemandirian.

“Mereka beralasan penolakan itu untuk mempupuk kemandirian masyarakat,” kata dia.

Sementara kata dia, Bulog berharap pasokan raskin dapat ditingkatkan oleh petani di 2014 ini apalagi pada tahun 2013 lalu terdapat peningkatan hasil yang panen oleh petani lokal yakni sebanyak sebanyak 6200 ton dari tahun sebelumnya yang hanya 5000 ton saja.

Dia menyampaikan dengan rencana peningkatan produksi beras itu, saat ini bulog akan mengajukan anggaran untuk membangun gudang demi menampung pasokan beras yang ada.

“Kita merencanakan bangun gudang. Dan kita berharap pasokan beras dapat meningkat,” tutupnya.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *