Korem Gelar Pasukan Siaga Bencana

Oleh Tgl: January 27, 2014
korem

Gelar pasukan ini dilakukan serentak secara nasional. Berbicara kesiapan semua personil Korem 041 Gamas siap dikerahkan apabila terjadi bencana

Kolonel Inf Achmad Sudarsono, S.Ip

BENGKULU – Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Korem 041 Gamas, Senin (27/1) menggelar apel siaga bencana di Makorem 041 Gamas, Kota Bengkulu.

Danrem 041/Gamas, Kolonel Inf Achmad Sudarsono, S.Ip, dalam sambutannya selaku insfektur apel mengatakan apel yang dilakukan serentak secara nasional ini dilakukan dalam mengantisipasi wilayah Bengkulu dalam menghadapi bencana alam.

“Gelar pasukan ini dilakukan serentak secara nasional. Berbicara kesiapan semua personil Korem 041 Gamas siap dikerahkan apabila terjadi bencana,” kata dia dalam sambutannya.

Dihadapan beberapa kepala SKPD, Achmad mengungkapkan tufoksi TNI selain menjaga keamanan adalah membantu pemerintah daerah dalam hal penanggulangan bencana yang terjadi diluar batas kemampuan manusia.

“Sebab tugas pokok TNI juga membantu pemerintah daerah, salah satunya memantu gelar penanggulangan bencana,” kata dia.

Dikatakan dia apel ini selain gelar pasukan juga bertujuan mengantisipasi sejauh mana kesiapan unsur TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Apalagi pasukan-pasukan tersebut akan dikirim jika ada permintaan dari kepala satuan wilayah masing-masing ketika terjadi bencana.

“Selain kesiap-siagaan TNI, kami juga meminta kesiap-siagaan masyarakat untuk meminimalkan dampak bencana jiwa dan materil. Karena untuk upaya resiko penanggulangan bencana, TNI sudah berlatih untuk kerja maksimal dan terarah yakni melakukan langkah konkrit melindungi masyarakat,” katanya.(sey)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *