Jelang Imlek, Vihara Lengkapi Kebutuhan Bersembayang

Oleh Tgl: January 30, 2014
Puja

Puja dengan lampu adalah suatu peristiwa dalam kehidupan Guru Agung Sakyamuni Buddha yang menunjukkan kehendak yang tulus memuja, pastilah menghasilkan buah karma yang membahagiakan

Yandi

BENGKULU – Menjelang pergantian tahun pada kalender China, sejumlah vihara mulai melengkapi kebutuhan umat untuk bersembahyang, salah satunya di Vihara Buddha-Yana, Kota Bengkulu.

Dari pantauan Bengkuluonline.com, Vihara yang terletak di Jalan  Di Panjaitan No 161 ini sudah dilengkapi dengan segala sesuatu yang dibutuhkan umat untuk bersembayang besok.

Pengurus Vihara Yandi mengatakan bahkan sudah sejak Kamis kemarin umat Budha menggelar penyalaan pelita dalam ibadah menyambut Imlek atau Tahun Baru China 2565.

“Ini lilin-lilin yang sudah disiapkan, Ibadah penyalaan pelita sudah digelar pagi ini, dilanjutkan ibadah parita besok subuh” kata Yandi, Kamis (30/1).

Ia mengatakan ibadah parita digelar mulai pukul 05.00 WIB dan ibadah kedua pada sore hari. Penyalaan pelita di dalam cawan bulat berisi cairan lilin tersusun rapi di dalam rumah ibadah itu. Dan setiap cawan pelita memiliki nomor dan nama umat yang menyalakan pelita itu.

“Ini rangkaian ibadah Imlek sejak Kamis (30/1) hingga Sabtu (1/2) diperingati sebagai hari bahagia sehingga diselenggarakan ibadah maha puja,” tuturnya.

Bertepatan dengan hari Imlek kata dia seluruh umat diajak untuk berbuat kebajikan berupa maha puja dengan membacakan paritta, sutta, dan mantra kepada Sang Budha dan para Boddhisatva.

Salah satu persembahan yakni lampu pelita sebagai lambang penerangan merupakan persembahan kepada Budha dan para mahluk suci dengan segala ketulusan hati, penuh hormat dan bakti.

“Puja dengan lampu adalah suatu peristiwa dalam kehidupan Guru Agung Sakyamuni Buddha yang menunjukkan kehendak yang tulus memuja, pastilah menghasilkan buah karma yang membahagiakan,” kata dia.

Imlek tahun  ini dipercayai sebagai tahun Kuda yang akan dimulai pada 31 Januari menurut penanggalan China, diramalkan akan membawa konflik dan bencana yang berhubungan api, namun akan adanya kemajuan besar pada saham terkait dengan kayu, yang menjadi dua elemen dominan di tahun depan, menurut praktisi seni kuno Feng Shui di Hong Kong.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *