Disparbud Siap Rebut 2 Situs Sejarah Dari BPCB Jambi

Oleh Tgl: January 26, 2014
Benteng Marlborough

Kita mengakui jika provinsi Bengkulu benar-benar dirugikan dengan di kuasainya kedua situs bersejarah Benteng Malabrouhg dan Rumah Pengasingan Bungkarno oleh pihak BPCB Jambi karena kita sulit untuk mengekplorasi potensi wisata keduanya akibat terhalang izin

Hasanuddin

BENGKULU – Terkait dua situs sejarah Bengkulu yakni Benteng Malabrouhg dan Rumah Pengasingan Bungkarno yang dibawah kuasaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi sehingga menyebabkan potensi kedua situs itu sulit dieksplor.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Hasanuddin memastikan pemprov akan segera mengambil penguasaan tersebut dari BPCB Jambi.

Hasanudin mengatakan akibat penguasan tersebut oleh pihak BPCB Jambi, Provinsi Bengkulu sebagai pemilik cagar budaya tersebut sulit mengeksploras potensi daerah yang dimilikinya.

”Kita mengakui jika provinsi Bengkulu benar-benar dirugikan dengan di kuasainya kedua situs bersejarah Benteng Malabrouhg dan Rumah Pengasingan Bungkarno oleh pihak BPCB Jambi karena kita sulit untuk mengekplorasi potensi wisata keduanya akibat terhalang izin,” tuturnya kemarin.

Berangkat dari situ Disparbud Provinsi berencana 2 poin interest Bengkulu dapat dikuasai oleh Pemprov.

“Oleh karena itu kita sangat berharap di tahun 2014 kedua situs bersejarah tersebut sepenuhnya menjadi tangung jawab pemerintah provinsi bengkulu agar semua kegiatan dan proses pembangunan tidak terkendala izin lagi dari BPCB Jambi sebab kita mau mengekplorasi serta membangun dari dua situs tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah SAg. Mpd angkat bicara dan memastikan di tahun 2014 Pemprov Bengkulu akan mengusulkan Agar Dua Situs bersejarah yang ada di Bengkulu yaitu Benteng Malborouhg dan Rumah Peninggalan Bung Karno untuk di kuasai sepenuhnya oleh Pemerintah daerah provinsi.

“Selama ini kita kesulitan untuk mengembangkan kedua situs bersejarah tersebut karena keduanya merupakan tangung jawab dari balai konservasi BPCB Jambi,” demikian Gub.(sey)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *