38.905 Pemilih se-Provinsi Bengkulu Bermasalah

Oleh Tgl: January 20, 2014
ketua-kpu-provinsi-bkl-irwan-saputra

BENGKULU – Pada Rapat Koordinasi Penyempurnaan DPT Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 di Nala Sea Side Kota Bengkulu yang digelar hari ini terungkap bahwa sampai saat ini masih terdapat sekitar 38.905 pemilih yang dinyatakan bermasalah atau invalid, dari pendataan sebelumnya di bulan Desember lalu sebanyak 85 ribuan mata pilih.

Dikatakan Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, sebagian besar data invalid itu dikarenakan pemilih meninggal dunia, Anggota Polri, tidak dikenal atau fiktif serta termasuk dalam pemilih ganda sehingga harus digugurkan salah satunya.

Dengan adanya pengurangan terhadap data yang bermasalah ini, jumlah DPT sementara Provinsi Bengkulu setelah adanya penyempurnaan sebanyak 1.358.511 pemilih sesuai hasil pleno yang langsung digelar pada hari yang sama.

Kedepan menurut Irwan Saputra, untuk melakukan validasi kembali DPT pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kota melalui KPU Kabupaten Kota selaku penyelenggara Pemilu sehingga untuk data pemilih invalid khususnya yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan – NIK serta pemerintah daerah mulai dari tingkat RW, RT atau kelurahan terkait keterangan domisili warga pemilih yang bersangkutan.

“Terhadap pemilih yang belum memiliki NIK, pelaksanaan di lapangan berkoordinasi dengan Dukcapil yang sebagian sudah ditindaklanjuti dengan penerbitan NIK dan langsung dimasukkan dalam DPT. Namun ada juga yang tidak bisa dimasukkan karena tidak memiliki kelengkapan dokumen kependudukan,” ujar Irwan sembari menjelaskan untuk proses validasi DPT pemilih, pihak KPU mengacu pada akta kelahiran, Kartu Keluarga atau KTP lama.(fr1)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *