1400 Wilayah Disiapkan jadi Desa Tangguh Bencana

Oleh Tgl: January 30, 2014
Kolendri

Ujungnya nanti 5 tahun kedepan Bengkulu bisa menjadi 1400 Desa Disiapkan Jadi Desa Tangguh Bencana

Kolendri

BENGKULU –Terkait rendahnya kesadaran masyarakat Provinsi Bengkulu akan bencana yang terjadi di Bengkulu, Pemprov Bengkulu melalui BPBD Provinsi menargetkan tahun ini tingkat kesadaran masyarakat bisa dirangkul sebanyak 60 persen dari angka sekarang yang sadar hanya 35 persen.

“Tantangan kita itukan harus kita usahakan, sisanya menjadi tantangan kita untuk sadar bencana, tahun ini kita targetnya kesadaran masyarakat akan bencana bisa mencapai 60 persen lebih,” katanya.

Dikatakan dia untuk mewujudkan masyarakat yang secara keseluruhan sadar bencana didaerah yang merupakan daerah rawan bencana alam dan sering terjadi bencana gempa bumi ini masih dikategorikan sulit.

Karena itu kata dia sejak saat ini pihaknya terus berbicara topik bencana kepada masyarakat dan tidak segan-segan menggelar pelatihan kebencanaan.

Sementara, secara berkelanjutan, Kolendri mengatakan pemprov saat ini tengah merangcang menjadi daerah yang tangguh bencana pada tahun 2018 dengan merangkul sekitar 1400 desa yang ada seprovinsi Bengkulu.

“Ujungnya nanti  5 tahun kedepan Bengkulu bisa menjadi 1400 Desa Disiapkan Jadi Desa Tangguh Bencana,” jelas dia.

Tujuan pembentukan desa tangguh tanggap bencana, katanya, untuk menyiapkan masyarakat yang lebih siap menghadapi bencana

Menurutnya salah satu syarat untuk menjadi desa tangguh bencana sudah dikantongi oleh wilayah Bengkulu dimana desa tangguh bencana dikhususkan untuk desa yang berpotensi mengalami bencana alam.

Selain itu BPBD saat ini juga terus memenuhi syarat lain yakni seperti analisis resiko dengan membuat peta ancaman, kerentanan, dan kapasitas; mendirikan forum relawan; rencana aksi komunitas, rencana kontijensi desa; membuat jalur evakuasi, dan jalur ekonomi untuk pembiayaan pasca bencana dan sebagainya.

“Sekitar 2018 itu baru terwujud karena sulit membuat desa tangguh bencana itu banyak persyaratannya  contohnya harus punya peta desa untuk evakuasi  dan harus punya desa tentang rekon, dan banyak hal-hal lainnya yang harus dipenuhi sebagai program yang harus dilakukan oleh setiap desa tangguh tanggap bencana,” tutupnya.(sey)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *