Tinggal 2 Hari Lagi, Soal DPT Belum Juga Tuntas

Oleh Tgl: December 2, 2013
kpu

JAKARTA –  Tinggal dua hari lagi, tepatnya tanggal 4 Desember,  adalah abatas akhir penyelesaian Daftar Pemilihan Tetap (DPT) 10,4 juta pemilih bermasalah yang bermasalah. Namun sampai saat ini masih belum tuntas.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi II, Senin (02/12) diketahui masalah DPT ini belum kelar.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Irman menyatakan telah menemukan 6,5 juta Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari DPT 10,4 juta.

Langkah Kemendagri yaitu bekerjasama dengan Pemerintah daerah dan KPU untuk memperbaiki DPT ini. Diantaranya dengan cara, menyurati Dinas Dukcapil tingkat Kabupaten/Kota dan menggelar rapat kerja nasional untuk membahas bagaimana memaksimalkan dukungan ke KPU menyelesaikan DPT bermasalah.

Sementara itu, di pihak KPU, mengklaim sudah melakukan perbaikan DPT bermasalah sebanyak 7,1 juta. Menurut Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, temuan KPU dan Depdagri tak terpaut jauh. Karena itu, dalam waktu sisa dua hari ini, dua lembaga tersebut bisa membersihkan DPT bermasalah itu.

“7,1 juta itu kalau data KPU digabung dengan temuan Depdagri yang 6,5 juta. Jadi kita masih ada 3,9 juta lagi,” kata Ferry.  (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *