Tiga Langkah Antisipasi Rupiah

Oleh Tgl: December 3, 2013
rupiah2

JAKARTA – Menteri Keuangan M Chatib Basri mengatakan pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dna Kemenkeu telah melakukan simuasi untuk persiapan apabila Bank Sentral Amerika menempuh tapering off atau penarikan likuiditas, Selasa (03/12).

Langkah Bank Sentral Amerika dikhawatirkan akan semakin membuat rupiah terpuruk. Untuk itu, pemerintah melakukan antisipasi dengan tiga langkah bia tapering off ditempuh. Pertama adaah menyiapkan “bond standing fund” Kementerian Keuangan dengan 11 BUMN

Langkah kedua, jika terjadi goncangan di sektor keuangan telah ada protokol manajemen krisis yang akan dijalankan untuk sektor asuransi, perbankan dan sektor keuangan lainnya.

Langkah ketiga adalah Bank Indonesia tetap berada di pasar bila ada tekanan pada nilai tukar rupiah.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada wartawan di Istana Kepresidenan Cipanas, Senin mengatakan Presiden telah meminta masukan dari para menteri ekonomi mengenai hal tersebut.

Disampaikan Menko Perekonomian ada dua kondisi yang menyebabkan rupiah terpuruk, yaitu yang pertama kondisi internal dimana defisit transaksi berjalan tingg dan yang kedua eksternal saat ini ada spekulasi The Fed akan mengeluarkan kebijakan tappering. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *