Ternyata Memotong Bawang Putih Ada Caranya

Oleh Tgl: December 3, 2013
irisan-bawang-putih

Cara memasak brokoli dan sayuran dari suku kubis-kubisan lainnya dapat mempengaruhi potensi manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian terbaru, brokoli memiliki potensi untuk melawan kangker secara efektif apabila dimasak dengan tepat.

Beberapa cara yang harus dilaukan bila ingin mendapat manfaat dari sayuran.

  • Memotong atau menghaluskan bawang putih, dan kemudian menunggunya hingga 15 menit sebelum dipanaskan (dimasak) memungkinkan senyawa tertentu yang tidak aktif menjadi aktif. Senyawa yang dimaksud adalah fitokimia pelindung yang dikenal sebagai ‘alicin’.
  • Para peneliti membandingkan brokoli yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dan dimasak dengan microwave. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa cara terbaik untuk memasak brokoli adalah dengan cara dikukus hingga 5 menit. Cara ini dapat mempertahankan myrosinase-nya dari ‘kehancuran’. Sedangkan brokoli yang direbus dan dimasak dengan microwave selama satu menit atau kurang, diketahui menghancurkan sebagian besar enzim myrosinase-nya. Hal ini disampaikan oleh Elizabeth Jeffery, seorang peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign.
  • Memasak tomat dan makanan lainnya yang mengandung likopen memungkinkan tubuh untuk lebih mudah menyerap fitokima yang bermanfaat.
  • Merebus sayur dalam waktu yang lama dapat menghilangkan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C, folat, dan niasin




Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *