Sebanyak 3,9 Juta Pemilih Masih Dicari NIK-nya

Oleh Tgl: December 2, 2013
kpu4

JAKARTA – Kemendagri menyebutkan sekitar 3,9 juta pemilih masih belum ditemukan NIK-nya. Sementara dari 10,4 juta  data bermasalah, sebanyak 6,5 juta pemilih sudah ditemukan NIK-nya.

“Kemendagri ingin mencari terlebih dahulu apakah NIK dari pemilih bermasalah itu ada atau tidak di DP4, dengan mencari elemen data yang benar selain NIK,” ujar Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman, Senin (2/11).

Sebanyak 6,5 juta pemilih bermasalah itu tercatat di daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Jumlah pemilih yang telah ditemukan NIK tersebut dijamin ketunggalannya, sementara 3,9 juta sisanya belum ditemukan.

“Kemendagri ingin mencari terlebih dahulu apakah NIK dari pemilih bermasalah itu ada atau tidak di DP4, dengan mencari elemen data yang benar selain NIK,” tambah dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Pusat Hadar Nafis Gumay mengatakan pihaknya sedang memeriksa data 6,5 juta, melalui penyandingan dengan data sisa pemilih. Penyandingan itu dilakukan untuk mencari kemungkinan adanya pemilih di 3,9 juta tersebut yang tercatat di 6,5 juta hasil koreksi Kemendagri, tambah Hadar. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *