Rp 400 Juta Dari Saweran Untuk Bangun Gedung KPK

Oleh Tgl: December 9, 2013
kpk.

JAKARTA – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebentar lagi memiliki gedung sendiri setinggi 16 lantai dengan total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp215 miliar. Gedung itu diberi nama Gedung Integritas Kebangsaan dan Kepedulian.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam penancapan tiang pancang  mengungkapkan hari 9 Desember ini yang merupakan hari anti korupsi dunia dipilih untuk dilakukan penancapan tiang pancang. Selain itu alasan tahun politik2014 juga menjadi pertimbangan pemilihan tanggal tersebut.

Dia menambahkan, kepada partisipan yang sudah membantu donasi sebesar Rp400 juta akan dibuatkan prasasti sebagai pengingat bahwa KPK juga dibangun oleh relawan-relawan yang menginginkan Indonesia bersih dari korupsi.

Gedung baru KPK itu memiliki luas tanah 8.381 meter persegi yang berada di Jalan Gembira, Kuningan atau sekitar 500 meter dari gedung KPK saat ini, dengan rencana luas bangunan adalah 35.300 meter persegi, meski masih ada satu rumah yang bertahan di tanah tersebut.

Rencananya ada dua bangunan yaitu bangunan utama setinggi 16 lantai, dengan dua lantai ‘basement’ sehingga memuat 280 kendaraan, dan gedung penunjang atau rumah tahanan yang menampung 50 orang (40 orang laki-laki dan 10 orang perempuan).

Masa pembangunan adalah ‘multi years’ untuk tiga tahun, dimulai 2013 untuk pembangunan fondasi, 2014 untuk ‘sequence’ dan terakhir 2015, rencananya akan dibangun ruang pemeriksaan sebanyak 70 ruangan. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *