PPATK: Politik Uang Mulai Menggeliat

Oleh Tgl: December 10, 2013
money politik

JAKARTA Seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang pemilu, transaksi mencurigakan mulai meningkat. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menilai ada banyak kejanggalan dalam pergerakan transaksi sejumlah parpol. Jumlah uang mereka sedikit, tapi gerakan pengurusnya sangat masif.

Ketua PPATK M Yusuf menduga politik uang menjelang pemilu mulai menggeliat. Namun Yusuf belum mau berbicara banyak mengenai riset itu lantaran masih didalami. Hanya, kata dia, kondisi itu ditemukan juga menjelang Pemilu 2004 dan 2009.

Yusuf mengatakan, masyarakat harus cerdas menyikapi politik uang selama kampanye hingga pemungutan suara nanti. Ia menyarankan masyarakat mengambil pemberian uang itu, tetapi kemudian melaporkan ke penegak hukum.

Harapan lain, tambah Yusuf, pemerintah segera menggeluarkan regulasi pembatasan transaksi tunai. Pasalnya, pihaknya sulit mendeteksi transaksi tunai.

“Saya juga berharap para parpol itu mencari kader-kader yang baik, punya integritas, profesional, dan berpikir untuk bangsa dan negara, tidak untuk pribadi,” kata Yusuf.

Seperti diberitakan, politik uang kerap terjadi setiap pemilu. Politik uang diyakini akan semakin masif mendekati Pemilu 2014 lantaran sistem pemilu dengan proporsional terbuka. Kandidat diyakini bakal jor-joran menggelontorkan dana untuk mendapat suara terbanyak. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *