Penyempurnaan DPT Dilaporkan Sebulan Sekali

Oleh Tgl: December 9, 2013
kpu

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk terus menyempurnakan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Nasional 2014. Dijanjikan, hasil penyempurnaan itu akan dimumumkan paling tidak setiap bulan.

“Kami akan menjelaskan secara reguler. Satu bulan sekali paling tidak, kami akan melakukan publikasi atas penyelenggaraan Pemilu 2014,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik, usai Rapat Pleno Terbuka Penyempurnaan Rekapitulasi DPT Nasional Pemilu 2014 di Kantor KPU.

Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus menyempurnakan daftar pemilih tetap (DPT) hingga dua pekan sebelum pemungutan suara, 9 April 2014.

“Bawaslu merekomendasi upaya-upaya serius dari teman-teman KPU terkait pembersihan dan perbaikan daftar pemilih dilakukan hingga paling lambat 14 hari sebelum Pemilu 9 april 2014,” ujar Ketua Bawaslu Muhammad dalam rapat itu.

Penyempurnaan yang dimaksud adalah penyempurnaan atas DPT yang telah ditetapkan perubahannya, yaitu 186.172.508 orang pemilih. Ia mengatakan, waktu panjang untuk menyempurnakan DPT berguna untuk membuka ruang bagi partai politik (parpol), masyarakat dan pemantau pemilu untuk terus mengawal akurasi DPT.

Sedangkan atas daftar pemilih yang masih dinyatakan bermasalah, kata Muhammad, Bawaslu meminta KPU terus melakukan perbaikan agar sesuai dengan Pasal 33 ayat 2 Undang-Undaang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif. Untuk itu, dia meminta pemerintah menyelesaikan administrasi kependudukan dalam DPT yang belum lengkap.

“Perlu pemerintah menyelesaikan administrasi kepedudukan yang dalam hal ini KPU belum dapatkan perbaikan akibat tidak tersedia NIK (nomor induk kependudukan),” lanjut Muhammad. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *