Musim Hujan Tiba, Siapkan Jahe, Kenapa?

Oleh Tgl: December 2, 2013
Jahe-Mengatasi-masuk-angin

Titik tertinggi musim hujan terjadi pada bulan Desember – Februari. Jika kita tidak siap-siap ‘menyambutnya’ bisa jadi kesehatan tubuh kita taruhannya. Tapi tidak perlu khawatir. Yang perlu anda lakukan hanya merubah kebiasaan. Dari yang sebelumnya mengkonsumsi teh atau kopi di malam hari, gantilah dengan Jahe. Atau sisipkan Jahe di minuman utama anda. Kenapa? Pertama akan menghangatkan tubuh anda, dan ternyata ada segudang manfaat dari minum Jahe. Mau tahu? Inilah khasiatnya:

  1. Anti oksidan yang terdapat pada jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dengan mengomsumsi minuman jahe hangat saat musim hujan, membantu anda terhindar dari serangan flu.
  2. Timbunan lemak yang menyumbat arteri, membuat seseorang dapat terkena stroke. Minuman jahe dapat membantu mencegah potensi risiko strokedan menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan seseorang terkena risiko serangan jantung.
  3. Minuman jahe terkenal dengan aromanya, yang ternyata dapat membuat suasana hati menjadi positif dan menenangkan.
  4. Minuman jahe juga bermanfaat dalam mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan.
  5. Minuman jahe juga dapat meredakan iritasi, alergi, dan bersin saat flu.
  6. Dengan mengonsumsi minuman jahe, badan akan terasa lebih hangat, aliran darah meningkat, demam dan keringat berlebihan bisa mereda.
  7. Pada jahe terdapat enzim protease dan lipase, yang dapat membantu menyerap dan mencerna makanan.
  8. Kadar asam lambung dapat diturunkan dengan mengomsumsi minuman jahe. senyawa aseton dan methanol pada jahe dapat melindungi sistem pencernaan pada tubuh dengan menghambat iritasi pada saluran pencernaan.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya anda mengonsumsi minuman jahe terutama saat hujan tiba. Untuk membuat minuman jahe, anda bisa membuatnya sendiri dari jahe segar atau juga bisa menggunakan bubuk jahe siap saji. Jika anda tidak terlalu suka minuman jahe murni, pertimbangkan untuk membeli sekoteng, bandrek, atau wedang jahe / wedang ronde agar mendapatkan sensasi yang berbeda.

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *