Kota Detroit Resmi Bangkrut

Oleh Tgl: December 4, 2013
detroit-bankrupt

JAKARTA – Hakim urusan kebangkrutan Amerika Serikat mengabulkan permohonan kebangkrutan yang diajukan pemerintah Kota Detroit, Negara Bagian Michigan, Selasa (3/12/2013) waktu setempat. Permohonan kebangkrutan itu diajukan ke pengadilan pada 18 Juli 2013.

Menurut para pengamat, Detroit bangkrut akibat kesalahannya sendiri dalam membaca peta industri otomotif. Ketidakbecusan pemimpin pemerintahan terpilih dalam mengelola keuangan kota berjuluk Motor City itu makin memperburuk situasi.

Para pejabat pemerintahan setempat dinilai tidak becus mengelola kota terebut. Salah seorang wali kota bahkan dipenjarakan lantaran terlilit skandal seks. Utang Kota Detroit kini mencapai US$18 miliar lebih.

Sesungguhnya, utang jangka panjang kota Detroit bisa mencapai US$ 20 miliar. Keuangan kota ini terus memburuk seiring ambruknya industri mobil AS, salah kelola, dan skandal korupsi selama bertahun-tahun. Saat ini, neraca keuangan Detroit mengalami defisit US$ 300 juta.

Kondisi yang sangat memprihatinkan ini membuat Detroit bak kota mati lantaran ditinggalkan para penduduknya. Mereka lebih memilih meneruskan kehidupan di kota berbeda. Jumlah populasi di Detroit merosot tajam. Di sepanjang tahun 2000-2010, kota ini telah kehilangan 250.000 penduduk.

Kini, jumlah penduduk di kota ini hanya sekitar 700.000 penduduk. Skala itu jauh dari masa keemasan Detroit pada 1950 dengan catatan populasi mencapai 2 juta orang. Di masa jayanya, Detroit adalah kota terbesar kelima di AS. Kini hanya ada di peringkat 18 kota besar di negeri Paman Sam tersebut.

Bukan hanya keadaan ekonomi di kota Detroit yang membuat penduduk memilih hengkang. Lingkungan kota ini juga sangat kumuh. Tak cuma sampah rumahtangga dan industri, kota ini juga disesaki oleh ‘sampah masyarakat’. Tingkat kejahatan di Detroit juga sangat tinggi.

Tercatat, pada tahun 2011, angka kejahatan di Detroit mencapai 1.052 kejahatan per 100.000 orang. Angka kejahatan ini tertinggi di antara kota-kota besar lainnya di AS. Semua itu membuat iklim investasi di Detroit memburuk. Harga jual rumah turun drastis sekitar 35% dari rata-rata sebelumnya yang dibanderol dengan harga US$ 40.000. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *