Kemendagri Belum Tentu Terbitkan NIK Baru

Oleh Tgl: December 10, 2013
kemendagri

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan, pihaknya belum tentu menerbitkan nomor induk kependudukan (NIK) bagi 3,3 juta pemilih yang namanya tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014. Kemendagri berkeras mencari NIK pemilih tersebut dalam data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

“Belum pasti juga (diterbitkan NIK baru). Kalau kami (Kemendagri) temukan orangnya, kemudian kami carikan NIK-nya, kita carikan data-datanya,” kata Gamawan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, semalam.

Ia mengatakan, pengecekan pemilih dan pencarian datanya itu akan terus dilakukan hingga 14 hari menjelang pemungutan suara, 9 April 2014 mendatang. Dikatakan Gamawan, jika hingga tenggat tersebut tidak ditemukan juga NIK yang bersangkutan, pihaknya menyerahkan masalah itu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Itu terserah KPU. KPU kan tidak bisa diintervensi, bersifat independen. Kami (pemerintah) hanya bersifat membantu,” kata Gamawan.

Dia mencurigai, sebenarnya nama pemilih yang belum ditemukan NIK-nya itu sudah tercatat di DP4 lengkap dengan NIK-nya. Hanya, kata dia, nama yang dicatat KPU berbeda dengan nama yang tertera di DP4. “Mungkin KPU menemukan namanya Fitri, ternyata namanya Fitriandini. Itu yang kita cari di DP4,” kata Gamawan.

Menurutnya, jika KPU menjadikan DP4 sebagai acuannya dalam memutakhirkan data pemilih, pasti NIK semua pemilih dalam DPT dapat ditemukan. Sekali lagi, dia menyatakan, Kemendagri telah menerbitkan NIK bagi 252 juta penduduk Indonesia, termasuk di dalamnya pemilih yang telah ditetapkan KPU.  (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *