Formulir C1 Berhologram Bakal Susah Dipalsukan

Oleh Tgl: December 6, 2013
kpu

JAKARTA – Formulir C1, merupakan dokumen paling berhaga dalam proses pemilu. Dia menjadi penentu jumlah suara sehingga rawan untuk digandakan atau dipalsukan. Tidak ingin dokumen ini menjadi pemicu konflik, Komisi Pemlihan Umum (KPU) akan membuat tanda khusus, berbentuk berhologram pada formulir C1.

“Kami sudah menetapkan, formulir C1 untuk pemilu nanti memiliki ciri khusus, sehingga sulit untuk digandakan. Mudah-mudahan, terobosan ini bisa meminimalisasi kecurangan dan potensi konflik,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, baru-baru ini.

Kalau nantinya ada persengketaan hasil pemungutan suara yang tertera dalam formulir C1, maka KPU maupun aparat hukum bisa mudah meneliti keaslian dokumen tersebut.

Ia menuturkan, terbosan tersebut dilakukan karena KPU tidak mau menjadi sumber konflik dalam pentas politik elektoral lima tahunan tersebut.

“Kami tetap konsen agar KPU tidak menjadi sumber konflik sehingga terus melakukan pembenahan, seperti membenahi administrasi untuk pelaksanaan pemilu nanti,” tandasnya. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *