Dua Kali Kalah Beruntun, Ada Apa Barca?

Oleh Tgl: December 2, 2013
barca-1

SPANYOL – Barcelona jarang mengalami kekalahan dua kali berturut-turut. Tapi, kemarin Barca harus mengalaminya. Tim yang dimotori Lionel Messi ini harus kalah oleh Athletico Bilbao di ajang La Liga, setelah sebelumnya dijegal Ajax Amsterdam di Liga Champions, pekan lalu.

Terakhir, Barcelona tumbang dua kali berturut-turut, yaitu ketika disungkurkan Real Madrid saat kedua tim bertemu di semifinal Copa del Rey, Februari dan Maret 2013, (1-3, 1-2).  Sebelum itu, April 2012, Barca juga mengalami dua kali kekalahan beruntun. Dari Chelsea (0-1) dan Real Madrid (1-2).

Kegagalan di pekan 15 itu nyaris membuat Barca harus turun takhta, karena di sisi lain, Atletico Madrid, di posisi runner-up, menambah tiga poin saat bertandang ke markas Elche, sehingga Barca dan Atletico Madrid punya poin sama, 40. Soalnya, produktivitas gol Barca masih unggul. Barca pun kini hanya berjarak tiga poin dari Real Madrid di posisi tiga.

Lionel Messi absen dalam dua pertandingan tersebut. Sejumlah media di Eropa, kemudian mengait-ngaitkan ketidakhadiran Messi di lini depan Barcelona, sebagai salah satu faktor penting, minusnya, produktivitas Barca yang berakhir kekalahan.

Menurut catatan, selama pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 66 persen dan melepaskan dua tembakan titis dari 11 usaha. Sementara Bilbao menciptakan lima peluang emas dari 15 percobaan.

Artinya, selama pertandingan bola dikuasai penuh oleh pemain Barca meski tanpa kehadiran Messi. Masalahnya adalah eksekutor permainan tidak ada. Kemampuan itulah yang dimikili Messi. Meski banyak memegang bola, Barca tidak mampu melesakkan bola ke jaring lawan. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *