DPT Bengkulu 1,3 Juta Pemilih dengan 4 Ribu TPS

Oleh Tgl: December 3, 2013
pemilu

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengumumkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) setelah melakukan perbaikan selama satu bulan penuh adalah 1.361.584. Melalui pleno terbuka KPU provinsi yang dihadiri seluruh KPU kabupaten/kota dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2014.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, S.Ag, MM mengatakan, dilakukannya pembenahan kembali terhadap DPT berdasarkan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Lantaran penetapan DPT sebelumnya dinilai bermasalah, seperti DPT NIK Invalid dan banyak tidak mengakomodir hak politik rakyat Indonesia.

Diakui Irwan, perangkat KPU beserta ujung tombaknya Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengalami banyak kesulitan saat melakukan perbaikan. Seperti warga yang susah ditemui, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) masing-masing kabupaten/kota yang tidak maksimal dan sejumlah permasalahan lainnya.

Dengan demikian, dari 149.486 warga Bengkulu yang bermasalah dengan NIK, KPU hanya mampu menyelesaikannya sebanyak 63.648. Sehingga total keseluruhan pemilih berjumlah 1.361.584. Dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 694.510, sedangkan pemilih perempuan berjumlah 667.074.

Sementara itu, pemilihan akan dilakukan di 1500 desa dari 126 kecamatan se-Provinsi Bengkulu. Kemudian jumlah keseluruhan tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 4285 TPS. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *