Beberapa Formasi CPNS Dikhawatirkan Kosong

Oleh Tgl: December 6, 2013
bkd pusat

BENGKULU – Setiap kebijakan tentunya mengandung resiko yang harus diambil, seperti penggunaan sistem CAT pada tes CPNS Pemprov Bengkulu tahun ini. CAT menawarkan pelaksanaan tes yang bersih dan lebih transparan dibandingkan sistem LJK. Namun resiko yang harus diambil adalah apabila ada peserta tes atau bahkan seluruh peserta tes pada formasi tertentu tidak mencapai standar minimum kelulusan, maka formasi itu akan tetap kosong.

Adanya formasi yang kosong dari hasil tes telah diisyaratkan perwakilan Kemenpan RI saat menyambangi Bumi Rafflesia, Jumat siang, 6 Desember 2013. Dikatakannya, apabila nanti ada formasi yang kosong itu dikarenakan beberapa faktor. Seperti tidak memenuhi standar minimun dan kelulusannya dan tidak ada kebijakan khusus mengenai hal itu.

“Akan tetapi, saya sangat mengapresiasi Pemprov Bengkulu yang telah berani menggunakan sistem CAT, karena CAT dapat meminimalisir human eror dan adanya isu tak sedap mengenai penyelenggaraan tes CPNS,” kata Kepala Bidang Evaluasi Kemenpan RI Diah Faras, SE, M.Ap saat dikonfirmasi awak media massa.

Sebelumnya, Kasubid Standarisasi Dan Prosedur Sistem Rekruitmen PNS BKN RI Drs. Porman Simatupang, MM menjelaskan meski peserta tes CPNS meraih nilai tertinggi belum bisa dipastikan lulus. Karena kriteria kelulusan peserta harus mencapai standar minimum kelulusan ketiga kategori proses seleksi atau tes. Yakni, standar minimum kelulusan untuk TWK adalah 70 atau 40 persen. Kemudian TIU standar minimum kelulusannya adalah 75 atau 50 persen. Lalu standar minimum kelulusan TKP sebesar 105 atau 60 persen.

“Jadi meskipun setelah diakumulasikan nilai seorang peserta tes tinggi, misal di dua kategori mendapatkan nilai maksimal, tapi TWK nya cuma dapat 69 atau ada satu kategori tidak mencapai standar kelulusan minimum, peserta tersebut dinyatakan gagal, harus kesemua kategori memenuhi standar kelulusan minimum,” terang Porman. (gue)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *