Bawaslu: Dicari 54.692 Data Penduduk Invalid

Oleh Tgl: December 5, 2013
bawaslu

JAKARTA – Sedikitnya  54.692 data penduduk yang dianggap invalid dan tidak bisa diberikan NIK terus diburu oleh KPU paling lambat 9 April 2014. Selaiin itu KPU juga diperintahkan untuk melakukan perbaikan sisa DPT bermasalah sampai memenuhi syarat berdasarkan UU No 8 tahun 2012 tentang Pemilu.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Muhammad saat rapat pleno penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT), di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

“Bawaslu merekomendasikan upaya-upaya serius terkait upaya pembersihan dilakukan paling lambat 14 hari sebelum tanggal 9 April 2014. Jadi tidak menutup ruang parpol dan masyarakat untuk terus mengawal akurasi data pemilih kita,” kata dia.

Terkait 54.692 penduduk yang tidak bisa diberikan NIK, Muhammad menyampaikan Bawaslu memberikan empat solusi yakni, KPU harus terus berupaya mencarinya data tersebut, jika ditemukan langsung diakomodir ke DPT, Jika tidak ditemukan orangnya agar direkomendasikan untuk membuat pernyataan di atas materai, dan jika ada fakta yang dapat dipertanggung jawabkan maka KPU harus mencoret orang tersebut dalam DPT. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *