Warga Trans Bakal Dapat Sertifikat Tanah

Oleh Tgl: November 16, 2013
Transmigrasi

JAKARTA – Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2Ktrans) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jamaluddien Malik mewajibkan kepada pemerintah daerah agar menyediakan lahan-lahan transmigrasi yang  memenuhi kriteria  2C (Clear and Clean) dan 4 L (Layak huni, layak, layak berkembang, layak usaha, dan layak lingkungan).

Hal itu perlu dilakukan mengingat beberapa kawasan tansmigrasi sangat rawan konflik karena status tanahnya belum clear.

Kata Jamaluddien, pemerintah juga akan memperjuangkan pemberian sertifikat terhadap tanah trans. “Pemberian sertifikat tanah hak milik kepada  para transmigran ini  ditujukan untuk memberikan kepastian hukum kepemilikan asset tanah secara  sah dan diakui negara,”  Jamaluddien, kemarin.

Program transmigrasi yang telah berlangsung selama 63 tahun itu telah menempatkan 2,2 juta keluarga di berbagai lokasi di Indonesia.   Sementara dari 3.053 pemukiman transmigrasi yang dibangun, sebanyak 1.183 pemukiman diantaranya berkembang menjadi desa definitif dan sisanya menjadi bagian dari desa-desa setempat.

Selain itu, sebanyak 382 pemukiman transmigrasi juga berkembang menjadi ibukota kecamatan dan 103 pemukiman lain menjadi ibukota kabupaten/kota serta ada satu pemukiman yang berkembang menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Barat yaitu Kota Mamuju. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *