Wakil Gubernur Sidak, Simulasi Sistem CAT

Oleh Tgl: November 10, 2013
sultan-cat-cpns

BENGKULU – Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bachtiar Najamudin menggelar sidak di lokasi bakal tempat test CPNS di gedung ICT Universitas Bengulu. Wagub berharap tes CPNS kali ini dapat diselenggarakan secara bersih sehingga mampu menghasikan pegawai pemerintah yang berkualitas.

Wakil Gubernur yang didampingi Ketua BKD Provinsi Tarmizi, Minggu (10/11)  mengecek lokasi sekaligus mencoba dan sistem baru yang bakal digunakan. Untuk provinsi, sistem CAT baru akan dilakukan dalam penerimaan tes CPNS tahun ini.

Untuk itu, Wakil Gubernur yang menjalankan fungsi pengawasan, mengecek kesiapan panitia dalam menjelankan tugasnya. Kepada wartawan Wagub mengungkapkan, dari tahun ke tahun tes CPNS harus ada peningkatan. “Jika sistem perekrutannya bagus, kita juga akan mendapatkan PNS yang berkualitas” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Wagub dan beberapa wartawan sempat mencoba sistem CAT. Kata Wagub, sistem CAT sangat aplikatif sehingga mudah dioperasikan siapa saja. “Tinggal bagaimana mengurangi atau memperkecil resiko adanya kecurangan dalam sistem. Karena dengan sistem yang canggih sekalipun, pasti ada kelemahannya,” jelasnya.

Kepada Wagub, salah seorang panitia menjelaskan bahwa berdasarkan pengalaman sistem tersebut hampir tidak ada celah untuk berbuat curang. Pasalnya, waktu pengerjaan dengan waktu penilaian dapat dilakukan pada saat itu juga. Peserta dapat mengetahui apakah dirinya lulus atau tidak pada saat selesai mengerjakan soal.

Bahkan pada saat peserta tengah mengerjakan soal, secara realtime akan tampil di monitor nilai sementara para peserta. Komputer peserta terhubung dengan monitor yang bisa dilihat siapa saja yang berada diluar lokasi tes. (***)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *