Test CPNS: Bagaimana Tikus Bisa Kalahkan Kucing

Oleh Tgl: November 10, 2013
sultan-sidak-cat-cpns

BENGKULU – Masalah tes CPNS adalah masalah simpel, karena hanya persoalan bagaimana  ‘mouse’ (tikus) mengalahkan ‘CAT’ (kucing).  Yang satu adalah piranti keras dan satunya lagi piranti lunak. Bila peserta bisa memainkan mouse dengan benar, pasti ‘si kucing’ kalah. Dan peserta bisa lulus.

Itu adalah gurauan antara Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bachtiar Najamudin dengan Ketua BKD Provinsi Tarmizi di sela-sela uji coba perangkat lunak yang dipakai untuk test CPNS yaitu sistem CAT (Computer Assisted Test), Minggu (10/11).

Mereka menyebut bahwa mouse (tikus) yang digunakan peserta untuk menjawab soal harus incah dan pandai agar dapat mengalahkan  CAT (kucing), sistem perangkat lunak yang menampilkan soal-soal tes.

Dilihat sepintas program CAT sangat aplikatif,”Anak kecil saja bisa memakainya asal dia paham bahasanya,”ujar salah satu panitia. Tampilannya sederhana. Di menu awal ada perintah  untuk memasukkan data diri.

Jika itu sudah dilewati, artinya peserta sudah memasukkan data diri dengan benar, maka di laman berikutnya muncul dua login. Login pertama no induk dan nomor ujian. Selanjutnya muncul laman soal. Di situ peserta tinggal menjawab soal soal yang sudah ada dengan cara mengklik jawaban yang dianggap benar.

Program tersebut juga memberi peluang kepada peserta yang ingin melewati soal dan mengkoreksi soal yang sudah dijawab. Peserta dapat juga melihat waktu tersisa untuk mengejakan soal. Dan terakhir yang menarik, apabila peserta selesai mengerjakan soal, akan muncu nilai dari soal yang  barusan dikerjakan.

Jika peserta berhasil mengalahkan kucing, maka akan segera terlihat muka mengembang di wajahnya. Namun jika tikus kalah oleh kucing, sekaligus juga nampa muka masam peserta. (***)

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *