Teknologi Pesawat Untuk Apple

Oleh Tgl: November 14, 2013
apple

Bukan Apple namanya kalau tidak bombastis. Sama dengan pemiliknya Steve Jobs yang penuh kontroversi idealis. Setelah sukses dalam perang melawan raksasa perangkat lunak seperti microsoft dan sukses menggempur pabrikan hanphone pintar, kini mereka akan mempertahankan posisi dengan menggelontarkan lebih dari 120 triliun ($10,5 miliar) untuk membeli peralatan manufaktur.

Langkah tersebut diambil untuk mempertahankan posisi sebagai yang terdepan di dalam penjualan smart phone. Berdasarkan sebuah laporan dari Bloomberg,  investasi ini akan dibelikan beberapa peralatan seperti robot perangkai hingga mesin pemotong bahan baku.

Tentunya mesin-mesin ini akan memiliki tugas seperti memoles iPhone 5C, mengukir bodi aluminium komputer Mac, mengujicoba unit kamera perangkat iOS, dan lainnya. Teknologi yang hanya digunakan untuk pembuatan pesawat terbang juga akan dipakai untuk membuat produk2 Apple.

Buat Apple uang segitu ternyata sepadan dengan pendapatan mereka yang terus meroket. Pencapaian Apple di triwulan fiskal keempat tersebut didorong oleh penjualan iPhone yang mencapai 33,8 juta unit ditambah 14,1 juta iPad, 4,6 juta Mac, dan hanya 3,5 juta unit iPod. Penjualan iPhone naik 26 persen sementara penjualan iPad relatif datar. Sayangnya Apple tidak memperinci detail penjualan iPhone maupun iPad untuk masing-masing model seperti iPhone 5S atau 5C yang diluncurkan beberapa bulan yang lalu.

Kenaikan pendapatan Apple ini ditunjang oleh rilis iPhone terbaru. Penjualan di luar wilayah Amerika Serikat juga terlihat meningkat terutama di wilayah China dan Jepang yang naik masing-masing 24% dan 31% dibanding kuartal sebelumnya atau naik 6% dan 41% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Berkat penjualan produk-produknya, Apple memiliki uang kas sebesar 146,76 miliar dolar di akhir kuartal lalu. Apple memproyeksikan akan memperoleh pendapatan kotor antara 55-58 miliar dolar di kuartal berikutnya dengan margin keuntungan kotor antara 36,5-37,5 persen. Di kuartal ini Apple telah merilis tablet terbarunya yaitu iPad mini 2 dan iPad Air sehingga diperkirakan pendapatan dari sektor tablet akan meningkat. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *