Taraaa…Ini Dia SMS Anti Sadap, Aman Dari KPK?

Oleh Tgl: November 16, 2013
anti_sadap_antilacak

JAKARTA – Kekuatan KPK sebagai benteng terakhir penegakan hukum di Indonesia membuat banyak pihak, tentunya yang doyan korupsi gerah setengah mati. Salah satu kekuatan utamanya adalah kemampuan menyadap tingkat tinggi. Konon dibanding BIN atau Mabes Polri, daya sadap KPK lebih unggul beberapa digit.

Menariknya, kondisi ini ‘menantang’ para pakar telekomunikasi yang mempunyai jiwa bisnis untuk menjajal kemampuan. Mereka menciptakan SMS anti sadap. Bahkan oleh KPK sekalipun. Beberapa produk sudah berseliweran di media promo.

Bukan saja dapat menghindar diri dari sadapan KPK, tapi juga dari intel Amerika. Ingat peristiwa penyadapan yang dilakukan oleh Amerika terhadap kedutaan besar di sebagian besar negara di dunia.

Dari data yang dibocorkan Snowden, hampir semua provider besar disadap oleh Amerika termasuk Google, Yahoo, Microsoft, Facebook hingga Twitter. Untuk kepentingan pribadi SMS anti sadap digunakan untuk melindungi pemakai dari pembobolan rekening seseorang.

Jika seseorang pernah mengirimkan data sensitif melalui SMS semisal info kartu kredit, data rahasia, PIN atau password, maka dipastikan data yang anda kirim tidak aman dari sadapan.

Ada beberapa perusahaan yang menawarkan SMS Anti Sadap. Seperti SecretSMS. Sebuah aplikasi SMS anti sadap yang berjalan pada platform Symbian 60 versi 3 dan 5 yang dapat mengenkripsi teks biasa menjadi “cipher teks” yang tidak dapat dibuka tanpa password yang sesuai.

Penerima tidak perlu memiliki atau mengistall aplikasi yang sama pada ponsel mereka. Semua jenis ponsel atau gadget apapun ( yang memiliki fasilitas internet ) dapat membaca SMS anti sadap tersebut asalkan mengetahui passwordnya.

Produk lainnya adalah SMS Guard. ICK Company selaku penyedia aplikasi SMS Guard ini menjamin teknologi anti sadap yang dikembangkannya aman dari penyadapan.
“Kami siap mengembalikan biaya berlangganan hingga 1000 kali lipat jika kode enkripsinya bisa dijebol pihak lain yang tidak berkepentingan,” kata Chief Bussiness Officer ICK Company Agung S Bakti dalam rilisnya.

Cara kerja SMS anti sadap ini yaitu sebuah pesan pendek yang dikirimkan smartphone pelanggan akan dienkrip lebih dahulu di smartphone pelanggan, lalu dikirimkan ke server. Selanjutnya server akan meneruskan SMS yang sudah terenkripsi ke nomor tujuan pengguna sesama pelanggan. Smartphone penerima nantinya akan mendekrip (mengurai kode) SMS tersebut sehingga kontennya bisa terbaca.

Jika ada pihak yang mencoba menyadap isi percakapan SMS tersebut, maka yang tampak hanyalah kode-kode yang tak bermakna secara bahasa. Satu-satunya pihak yang bisa membuka isi SMS yang ditransmisikan hanyalah pelanggan yang dituju. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *