Tak Satupun Partai Punya Ideologi yang Jelas

Oleh Tgl: November 9, 2013
partai islam

JAKARTA – Tidak ada satupun partai yang memiliki ideologi yang jelas. Baik itu parpol Islam maupun nasionalis. Ideologi Keduanya hanya pada tataran Principle Ideology. Sementara di tataran working ideology nol besar.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy menegaskan hal itu menanggapi statement politikus senior Akbar Tanjung yang menyebut bahwa partai Islam tidak memiliki ideologi yang jelas sesuai ajaran agama Islam.

Akbar Tandjung mengkritik arah dan tujuan politik dari partai yang membawa ideologi, visi-misi, dan tujuan yang disesuaikan dengan ajaran Islam. Kata dia, partai politik seolah tidak mampu menampakkan image atau citra dari sebuah partai Islam yang kemudian tertanam di masyarakat.

“Agak sulit parpol yang berbasis Islam, agak sulit menjelaskannya. Semua bilang rahmatan lil alamin, tapi spesifikasinya apa?” kata Akbar.

Hal itu sesuai prediksi pengamat politik Universitas Indonesia Iberamsjah yang menilai partai Islam akan meredup pada Pemilu 2014. Alasannya Partai Islam itu tidak pernah memikirkan umat, mereka hanya haus kekuasaan, duit dan perempuan. Partai Islam harusnya tahu diri saja.

Untuk itu, Akbar Tanjung menganjurkan agar Partai Islam bergabung menjadi satu agar bisa merancang gagasan bersama. Gagasan itu langsung ditolak PPP. Kata Romahurmuziy justru menegaskan, saat ini partai nasionalis sebetulnya sangat mengandalkan partai-partai Islam pada Pemilu 2014 mendatang.

Justru lanjutnya, partai nasionalis akan mengandalkan partai Islam untuk memperkuat posisi mereka. Karena tetap saja partai tengah menjadi penentu kemenangan.  (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *