Swing Voter Penentu Peta Politik 2014

Oleh Tgl: November 3, 2013
golput

JAKARTA – Sebuah survei yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) menyebutkan partai politik papan tengah akan berlomba merebut suara mengambang (Swing Voter) yang pada Pemilu 2014 mendatang diperkirakan angkanya mencapai 19,4 persen. Dan mereka inilah yang akan menentukan peta politik ke depan.

LSI, Minggu (3/11) merilis partai yang masuk papan tengah adalah Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, dan Partai Nasdem

Sementara itu, Hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan potensi swing voter–pemilih yang berpindah pilihan partai–masih besar pada pemilu 2014. Kecenderungan ini telah terlihat sejak pemilu 1999, 2004, 2009, dan diprediksi akan berlanjut pada pemilu 2014.

Pada pemilu 2004, suara PDI Perjuangan turun 15,5% dibanding pemilu 1999. Partai Demokrat yang baru ikut dalam pemilu 2004 langsung mendapat 7%. Pada pemilu 2004 itu pula, suara Partai Keadilan Sejahtera meningkat dari 1% menjadi sekitar 7%.
Suara-suara partai itu berubah dalam pemilu 2009. Suara Partai Golkar turun sekitar 8% pada pemilu 2009 itu. Sedangkan, PKB turun sekitar 5,5% dan PDIP turun 4,5%. Peningkatan suara diperoleh Demokrat. Pada pemilu 2009 itu, suara Demokrat naik sebebsar 14%.

CEO SMRC, Grace Natalia saat memaparkan sumber utama penyebab larinya suara Demokrat adalah skandal korupsi yang menimpa sejumlah kader utamanya. Kepindahan pemilih Demokrat tidak disebabkan kemarahan pemilih atas kondisi ekonomi nasional atau kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diusungnya. Sebab, persepsi atas kondisi ekonomi nasional dan kinerja Presiden secara umum positif.

Grace menambahkan, fenomena yang mengejutkan ditunjukkan oleh Partai Nasdem. Sebagai partai baru, NasDem mendapat 4% responden. “Masih ada sekitar 50% pemilih yang mengambang, belum menentukan pilihan secara spontan. Yang mengambang ini kemungkinan pemilih pemula. Jumlah ini sangat besar dan dapat merombak peta kekuatan partai pada 2014 nanti,” katanya.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *