Survey: Masyarakat Setuju Koalisi Partai Islam

Oleh Tgl: November 24, 2013
partai islam

JAKARTA – Sebuah survey yang digelar LSN (Lembaga Survey Nasional) mengungkapkan sebagian besar masyarakat menginginan koalisi partai Islam sebagai alternatif pada pemilihan presiden 2014 nanti. Koalisi tersebut diharapkan dapat menyatukan umat Islam.

Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebutkan sebanyak 45.6 persen responden setuju dan menilai perlunya koalisi partai Islam. Alasan pentingnya koalisi dilakukan. Pertama, untuk memelihara persatuan umat Islam. Alasan ini dikemukakan 23.11 persen responden.

Kemudian, 17.3 persen responden menginginkan partai Islam menang pada pemilu 2014. Sebanyak 8.4 persen menilai partai Islam perlu berkoalisi karena memiliki azas yang sama. Sebagian beralasan koalisi untuk kemajuan umat (7.3 persen). untuk menjaga citra umat Islam (4.3 persen), serta alasan lainnya sebanyak 5.1 persen.

Koalisi partai Islam, sangat dimungkinkan mengingat popularitas partai Islam rata-rata di atas 80 persen. Sebanyak 96.9 persen responden memilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP), 96.1 persen Partai Amanat Naasional (PAN). Kemudian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 95.5 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipilih 94.5 persen dan Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 80.6 persen.

Dengan tingkat popularitas di atas 80 persen, berarti partai Islam sudah dikenal luas oleh masyarakat. Meski begitumenyatukan paartai Islam bukan hal yang mudah. Karena setiap partai memiliki ideologi secara spesifik yang berbeda-beda. Setiap partai Islam juga memiliki tokoh masing-masing yang dinilai kuat. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *