Soal Carut Marut DPT Tergantung Etikat Baik KPU

Oleh Tgl: November 2, 2013
Logo-KPU

JAKARTA – Pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2014 seharusnya tidak menjadi kendala, karena waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama yaitu empat bulan, ketimbang Pemilu sebelumnya yang hanya dua bulan. Demikian juga dari segi anggaran, jauh lebih besar.

Jika pada pemilu 2009 anggarannya sebesar Rp 1,2 triliun, Pemilu 2014 anggarannya Rp 1,9 triliun, ungkap Sekretaris Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan, Arif Wibowo.

Untuk itu, dia menilai seharusnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat lebih siap dalam proses pemutakhiran daftar pemilih tetap.

Arif menuturkan, pada pemilu lalu waktu pemutakhiran 10 bulan sebelum pemungutan suara, untuk pemilu 2014 dilakukan 14 bulan sebelum waktu pemungutan suara. Dari segi anggarannya pun pemilu 2014 lebih besar daripada pemilu 2009.

Menurut Arif, masalahnya adalah apakah KPU mau menyelesaikan masalah DPT ini. Persoalan DPT ini seolah-olah sulit untuk dituntaskan, sulit untuk diupayakan perbaikannya.

“Kita harap KPU lebih serius untuk menyelesaikan DPT ini. KPU harus menanggalkan kepentingan yang tidak perlu,” tuturnya. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *