Smart Glasses, Membuat Tuna Netra Melihat Lagi

Oleh Tgl: November 6, 2013
SMART GLASSES

OXFORD – Baru-baru ini Tim peneliti dari Oxford University berhasil menyelesaikan pembuatan sebuah inovasi teknologi kacamata pintar yang konon katanya dapat membuat seorang tuna netra dapat ‘melihat’ seperti orang kebanyakan. Benarkah demikian?

Teknologi ini dinamakan Smart Glasses. Kacamata pintar ini dapat mendeteksi apa saja yang ada di hadapan orang yang menggunakan kacamata ini. Hal ini disebabkan karena Smart Glasses dilengkapi dengan dua buah kamera yang dapat merekam dan membaca benda-benda di sekitarnya.

Cara kerjanya adalah setelah kamera melakukan perekaman benda, dia akan otomatis langsung memberitahu si pengguna tentang benda tersebut secara detail melalui dua buah headphone yang dipakai pengguna. Alat ini mengubah gambar yang direkam menjadi suara.

Sebagian tuna netra dapat melihat cahaya terang dan gerakan. Oleh karena itu dengan menggunakan lampu LED yang ada di lensa, si pengguna dapat melihat kontur jalan di depannya dalam bentuk cahaya. Tak hanya itu, Smart Glasses juga dilengkapi dengan kompas, GPS, dan Gyroscope untuk memudahkan sistem kerjanya. (Ran)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *