Sistem CAT Juga Buatan Manusia

Oleh Tgl: November 11, 2013
sidak wagub cpns

BENGKULU – Wakil Gubernur Bengkulu Sultan Bachtiar Najamuddin (SBN) Senin pagi, 11 November 2013, menggelar sidak pelaksanaan tes CPNS di Gedung Batik UNIB. Sidak bertujuan melakukan pengawasan secara umum, sembari mencari tahu dan monitoring agar pelaksanaan tes berjalan semakin baik.

Hasilnya, SBN memberikan apresiasi kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu yang telah menggelar tes CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Menurutnya, sistem CAT belum ada yang mis dan eror. Mulai dari memastikan tidak ada praktik perjokian hingga pelaksanaan tes itu berakhir.

”Saya langsung melihat ke dalam, satu persatu peserta tes fokus dengan soalnya masing-masing, karena setiap peserta diberi soal yang berbeda, tapi dengan bobot yang sama,“ kata SBN kepada awak media massa.

Meski demikian, SBN juga melontarkan second opinion, ia mengatakan, sistem CAT hanyalah sebuah tekonologi yang juga dibuat oleh manusia. Baginya, masih ada kemungkinan terjadinya human eror. Tapi setidaknya, melalui sistem CAT publik bisa merasakan pelaksanaan tes lebih transparan.

Ke depan, Sultan berharap melalui tes CPNS tahun 2013 ini dapat melahirkan aparatur negara yang benar-benar siap untuk mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

”Jadi kalau ada yang coba-coba bayar untuk lulus tes laporkan saja ke wagub,“ SBN menegaskan. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *