Sebelum 4 Desember, DPT Sudah Bersih

Oleh Tgl: November 29, 2013
kpu4

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berusaha untuk penyempurnaan daftar pemilih tetap (DPT). Ketua KPU, Husni Kami Malik berjanji pihaknya akan melakukan evaluasi sebelum target penyempurnaan DPT pada 4 Desember 2013. Menurutnya, evaluasi penting dilakukan agar DPT yang didapatkan benar-benar bersih

Seperti diketahui, KPU saat ini tengah melakukan penyempurnaan data DPT untuk tingkat Kabupaten Kota dan segera masuk ke tingkat Provinsi. “Minggu ini bergerak ke provinsi,” kata Husni semalam.

Di tingkat provinsi, KPU Provinsi Bengkulu turun langsung ke daerah kabupaten. Hal ini disampaikang langsung Jubir KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman saat dikonfirmasi Bengkulu Online.

”Kita selama beberapa hari ke depan supervisi ke beberapa daerah kabupaten untuk melakukan pembenahan terhadap DPT NIK invalid,“ kata Zainan.

Sebelumnya Komisioner Bawaslu, Daniel Zuchron mengatakan, Bawaslu pusat juga telah memerintahkan kepada semua Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota hingga pengawas kecamatan.Untuk mendampingi dan membantu KPU dalam melengkapi variabel kependudukan yang wajib dimiliki pemilih.

“Semuanya masih on going. Tapi Bawaslu pusat sudah membuatkan juknis (petunjuk teknis) bagi Bawaslu daerah tentang kewajiban mereka,” kata Daniel.

KPU sudah melakukan pemetaan dan pendistribusian data pemilih yang akan dikoreksi ke kabupaten/kota dan disortir hingga kelurahan.Penyisiran akan dilakukan serentak di 81 ribu lebih kelurahan di seluruh Indonesia. Kosentrasi pengecekan juga dilakukan di lembaga pemasyarakatan.

“Estimasi kami, setiap kelurahan ada sekitar 130 ribu pemilih dengan NIK tidak valid. Tiap kelurahan ada tiga anggota PPS dan satu orang staf pendukung yang menyisir,” ujar Partono, tim ahli teknis KPU. (***)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *