Sambut HKTI, Pemprov Gelar Lomba Inovasi Iptek

Oleh Tgl: November 7, 2013
lomba iptek

BENGKULU – Pentingnya menciptakan inovasi dalam perkembangan teknologi tampaknya memang semakin disadari oleh masyarakat. Diwadahi oleh BPP&Stada (Badan Penelitian dan Pengembangan & Statistik Daerah) Provinsi Bengkulu, putra-putri terbaik ini siap beradu kreativitas dalam acara “Lomba Karya Iptek” dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-18 sekaligus menyambut HUT Provinsi Bengkulu ke-45.

Bertempat dipelataran gedung Balitbang, puluhan peserta yang berasal dari 21 kelompok yang berbeda memamerkan hasil karya inovasi Iptek mereka di hadapan para juri. Kelompok ini terdiri dari kategori umum (16 kelompok) dan pelajar (5 kelompok).

“Kegiatan seperti ini sangat menarik menurut saya. Perlu kita dukung maksimal putra-putri yang mau berinovasi. Tujuannya adalah untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan terutama di kalangan generasi muda, yang nantinya dapat berguna untuk meningkatkan daya saing, menjawab tantangan global, serta mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada guna mensejahterakan masyarakat kita”, ujar Ir.H.M Nashsyah, asisten bidang perekonomian dan pembangunan Provinsi Bengkulu, pada Kamis (7/11).

Dijelaskan Ir. Diah Irianti, M.Si., Kepala BPP&STADA Provinsi Bengkulu, lomba seperti ini sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu, namun anggarannya belum masuk APBD. Memasuki tahun 2013, sebenarnya ada keinginan kegiatan “Lomba Karya Iptek” ini diadakan bertepatan dengan agenda “Bengkulu Expo” dan “Lipi Expo” beberapa waktu yang lalu. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan seperti keterbatasan jumlah peserta (hanya ada 4 peserta), sehingga kegiatan ini baru bisa dilaksanakan sekarang.

“Harapannya di tahun 2014 nanti, kegiatan ini sudah masuk APBD awal. Penilaian dalam lomba ini berlangsung dari tanggal 7-8 November 2014, dan puncak dari acara ini kita harapkan para pemenang bisa diumumkan dan diberi penghargaan pada acara HUT Provinsi Bengkulu ke-45”, tambah Ir. Diah. (Ran)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *