Realisasi Investasi di Bengkulu Meningkat

Oleh Tgl: November 6, 2013
Bank Indonesia

BENGKULU – Investasi di Provinsi Bengkulu semakin berkembang. Terlihat dari realisasi investasi pada triwulan II tahun 2013 mengalami peningkatan. Pertumbuhan investasinya cukup tinggi sebesar 7,3 persen. Peningkatan investasi tersebut merupakan investasi tambahan, seperti bangunan atau peralatan untuk kegiatan usaha yang telah dijalankan.

Sedangkan berdasarkan data BKPM, realisasi investasi oleh investor domestik cenderung meningkat sejak triwulan II tahun 2013. Sebaliknya, realisasi investasi oleh investor asing cenderung menurun.

Sementara itu, dari sisi perkembangan perbankan Provinsi Bengkulu, menurut Kepala Divisi Asesmen Transmisi Moneter dan Sektor Keuangan Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dr. Piter Abdullah, kinerja perbankan diperkirakan melambat. ”Hingga Agustus 2013, aset perbankan tumbuh 18,59 persen, DPK tumbuh 10,36 persen dengan pangsa pasar terbesar dari tabungan yang mencapai 51,14 persen,“ kata Piter.

Di sisi lain, kredit juga tumbuh sebesar 25,11 persen dengan penyaluran kredit terbesar pada kredit konsumsi sebesar 56,47 persen. ”Secara tahunan, kinerja perbankan diperkirakan melambat dibandingkan tahun 2012 terutama pada pertumbuhan DPK dan aset perbankan seiring pelemahan ekonomi daerah,“ tandas Piter. (gue)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *