Puspa Langka Setinggi 1,5 Meter Mekar di Seluma

Oleh Tgl: November 25, 2013
bunga bangkai

SELUMA – Salah satu puspa langka, Bunga Bangkai secara tak sengaja ditemukan tumbuh di Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma, tepatnya di perbatasan Desa Rantau Panjang dan Desa Talang Durian.

Oleh warga setempat, bunga itu disebut Bunga Keghubut Besar. Tak ayal lagi, lantaran tergolong bunga langka,  warga sekitar berbondong-bondong ingin melihat puspa langka ini.

Bunga raksasa ini pertama kali ditemukan Sutan, warga Desa Pajar Bulan saat sedang bermalam di kebunnya. Sutan yang berniat akan memperluas kebun, tiba-tiba dikagetkan penemuan Bunga Bangkai. Bunga tersebut, kata dia,  sangat besar dan tinggi. Diperkirakan ketinggiannya mencapai 150 CM.

“Itu Bunga Bangkai, tapi kalau disini ada yang menyebutnya Bunga Keghubut Besar,” kata Sutan.

Diceritakannya, bunga itu mekar pada sore hari hingga malam. Diiringi dengan aroma yang tak sedap, namun memiliki keindahan tersendiri.

“Aromanya tak sedap jika mekar, tapi indah, apalagi pada waktu mekar bunganya berwarna-warni,” terangnya.

Saat ini kebun milik Sutan mendadak ramai dikunjungi warga sekitar. Mereka rela datang dari jauh hanya untuk menghilangkan rasa penasaran guna melihat bunga ‘ajab’ secara langsung. Kehadiran bunga ini sendiri menyebar luas melalui informasi dari mulut ke mulut. (gue)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *