PPI Disinyalir Alat Cuci Uang Anas

Oleh Tgl: November 17, 2013
anas-urbaningrum1_19

JAKARTA – Organisasi penggiat anti korupsi ICW (Indonesian Coruptinon Wach) meminta KPK menelusuri asal uang RP 1 miiar yang disita pada saat menggeledah rumah Anas Urbaningrum. Diindkasikan uang tersebut merupakan uang haram yang dicuci lewat PPI (Perhimpunan Pergerakan Indonesia).

“ KPK harus menulusuri muasal uang sebesar Rp 1 miliar yang telah disita KPK karena diduga terkait dengan kasus Hambalang namun diklaim sebagai uang kas PPI,”ujar anggota badan pekerja ICW Donald Faris, Minggu (17/11).

Dia menjelaskan KPK harus memastikan apakah ada aliran dana terkait proyek Hambalang dan proyek-proyek lainnya dalam pembentukan PPI. Penjeratan Anas dengan UU TPPU, juga tidak akan menghambat proses penanganan perkara kasus Hambalang, khususnya dalam melakukan penahanan terhadap Anas.

Kalau KPK menemukan uang yang mengalir ke PPI diperoleh dari hasil TPPU, bisa dikatakan sebagai penerima pasif, kata Donald.

Dia menambahkan ICW sangat mendukung jika KPK berencana akan menjerat Anas dengan UU TPPU. Menurutnya dengan pengalaman penanganan kasus TPPU yang menjerat Djoko Susilo, dapat menjadi ‘angin segar’ bagi KPK untuk mengembangkan kasus-kasus korupsi ke TPPU.

Indikasi Anas melakukan TPPU, lanjutnya, dapat dilihat dengan menelusuri aset-aset milik Anas yang diduga berasal dari kejahatan sebelumnya, tidak hanya terkait dengan kasus Hambalang. Kalau memang mobil Harrier terlalu kecil untuk menjadi barang bukti, kalau ada aset-aset yang tidak wajar lainnya, KPK harus menyitanya.  (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *