Pemilu 2014: Jangan Lupakan TKI, Ada 6,5 Juta Jiwa

Oleh Tgl: November 4, 2013
tki

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Budiyanto meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Luar Negeri. Dimana menurutnya masih banyak warga negara Indonesia (WNI) yang tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN). Karena itu Budiyanto meminta KPU untuk dapat mencatat dengan baik DPTLN tersebut.

Budiyanto mengatakan bahwa KPU melalui PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) baru mencatat 1,9 orang pemilih yang ada di luar negeri. Tetapi menurutnya berdasar data yang dinamis seperti data penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terdapat sekitar 6,5 juta jiwa yang berada di luar negeri.

Sementara itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay menilai sulit merealisasikan gagasan memasukkan 10,4 juta DPT bermasalah karena belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan NKK ke dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Karena, menurut Hadar hal tersebut akan terbentur dengan ketentuan yang mewajibkan KPU untuk mencetak surat suara sama dengan jumlah pemilih tetap ditambah dengan 2 persen dari jumlah pemilih tetap sebagai cadangan.

“Kalau yang 10,4 juta ini mau didorong kesana (DPK), itu tidak mungkin. Terlalu besar cadangan itu yang harus disiapkan. Padahal ketentuannya, cadangannya itu hanya 2 persen dihitung dari DPT. Jadi akan ada kesulitan disana,” ujar Hadar, Minggu(3/11/2013) kemarin.

Untuk diketahui, sesuai Pasal 40 ayat (5) UU 8/2012  tentang Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD disebutkan bahwa dalam hal terdapat warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan tidak memiliki identitas kependudukan dan/atau tidak terdaftar dalam daftar pemilih sementara, daftar pemilih sementara hasil perbaikan, daftar pemilih tetap, atau daftar pemilih tambahan, KPU Provinsi melakukan pendaftaran dan memasukkannya ke dalam daftar pemilih khusus. Dan itu terbuka untuk dilakukan hingga 14 hari sebelum hari “H”.(***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *