Pelaku Usaha Obat Ilegal Bisa Diancam 15 Tahun Penjara

Oleh Tgl: November 15, 2013
obat_ilegal_2

BENGKULU – Ini peringatan bagi pelaku usaha obat dan obat tradisional ilegal. Karena pelakunya dapat diancam hingga 15 tahun penjara. Sebagaimana diutarakan Kepala Balai POM Provinsi Bengkulu Drs. Zulkifli, Apt.

Dikatakan, sanksi pidana menurut UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, pada Pasal 196, setiap orang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Selanjutnya Pasal 197 berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar.

Karenanya Zulkifli menyerukan, kepada pelaku usaha yang mengedarkan kosmetik dan obat-obatan yang mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia secara ilegal untuk mengentikan praktek-praktek tersebut.

Ditegaskan, Zulkifli mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi atau menggunakan obat, makanan dan kosmetik yang mengandung zat berbahaya. Karena dapat menyebabkan resiko bagi kesehatan bahkan berakibat fatal. ”Dan apabila menemukan adanya peredaran secara ilegal diharapkan segera melapor ke Balai POM,“ tandas Zulkifli. (gUE)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *