Pekan Ini KPU Sisir DPT Bermasalah Dari Bawah

Oleh Tgl: November 10, 2013
kpu3

JAKARTA – Pekan ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyisir DPT yang masih belum valid. Kegiatan spot check itu dilakukan dari titik terbawah dengan melibatkan banyak pihak yang terkait.

Melalui proses pengecekan bersama ke lapangan, bila diketahui pemilih tersebut memang belum memiliki identitas penduduk akan segera dimintakan ke Dukcapil. Dengan begitu, proses perbaikan DPT berjalan lebih efektif.

Hanya saja, dikatakan Ferry, belum diketahui hingga saat ini jumlah pemilih yang sudah diberikan NIK susulan oleh Dukcapil. “Sebelum 24 November kami harapkan sudah tuntas,” kata dia.

Komisioner Bawaslu, Daniel Zuchron mengatakan, Bawaslu pusat juga telah memerintahkan kepada semua Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota hingga pengawas kecamatan.Untuk mendampingi dan membantu KPU dalam melengkapi variabel kependudukan yang wajib dimiliki pemilih.

“Semuanya masih on going. Tapi Bawaslu pusat sudah membuatkan juknis (petunjuk teknis) bagi Bawaslu daerah tentang kewajiban mereka menjelang 4 November,” kata Daniel.

KPU sudah melakukan pemetaan dan pendistribusian data pemilih yang akan dikoreksi ke kabupaten/kota dan disortir hingga kelurahan.Penyisiran akan dilakukan serentak di 81 ribu lebih kelurahan di seluruh Indonesia. Kosentrasi pengecekan juga dilakukan di lembaga pemasyarakatan.

“Estimasi kami, setiap kelurahan ada sekitar 130 ribu pemilih dengan NIK tidak valid. Tiap kelurahan ada tiga anggota PPS dan satu orang staf pendukung yang menyisir,” ujar Partono, tim ahli teknis KPU. (***)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *